Selasa, 16 April 2019

Ulasan Huawei P30, Kamera Kece, Kinerja Oke - Selular.ID

Bagian depan Huawei P30
Huawei P30 (Redaksi Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID - Redaksi Selular.ID berkesempatan me-review smartphone premium terbaru Huawei yaitu Huawei P30. Sebelumnya kami telah melakukan hands-on Huawei P30.

Huawei P30 merupakan versi asli dari seri P30. P30 series sendiri menyertakan P30, P30 Pro dan P30 Lite. Smartphone ini masih mengedepankan kamera dan performa sebagai fitur andalan seperti yang didukung oleh anggota P30 series lainnya.

Smartphone ini akan tersedia di Indonesia dalam waktu dekat. Di Indonesia, Huawei P30 sudah bisa di pre-order mulai 12-19 April 2019 baik online maupun offline melalui Huawei High-End Experience Shop dan mitra e-commerce. Harganya, Huawei P30 dibanderel Rp 9,999 juta.

Huawei P30 hadir dalam varian warna Hitam, Aurora, Amber Sunrise, Breathing Crystal, dan Pearl White. Huawei P30 memiliki beragam konfigurasi yaitu RAM 6GB dan 8GB serta ROM 64/128/256 GB.

Varian Huawei P30 yang kami ulas kali ini adalah 4 / 128GB dengan warna Breathing Crystal. Berikut ulasannya.

Desain

Varian warna Breathing Crystal memberikan efek gradasi warna pada Huawei P30. Efek sinar matahari atau cahaya, efek gradasi warna lebih terlihat. Gradasi warna yang dihasilkan tergantung pencahayaan.

Body smartphone ini menggunakan bahan polycarbonate berbalut bahan kaca pada bagian belakang. Pilihan bahan polycarbonat ini membuat Huawei P30 terlihat seperti smartphone menengah, tidak terlihat seperti ponsel premium. Keseluruhan pertimbangan menggunakan bahan alumunium.

Saat kami melihat dan menggenggam Huawei P30 terlihat elegan dan kokoh. Seperti smartphone premium pada umumnya, kualitas build kualitas Huawei P30 cukup baik.

Saat digenggam, Huawei P30 juga cukup nyaman dan tidak terlalu berat dengan dimensi 71.36mm x 149.1mm x 7.57mm dan berat 165g. Sudut lengkung menambah kenyamanan saat ponsel digenggam.

Layar seluas 6.1 inci, setetes air sebagai wadah kamera selfie 32 MP dan penerima speaker terpampang di bagian depan ponsel ini. Sementara tiga kamera utama beresolusi 40MP, 16MP dan 8MP, LED Flash, tulisan sensor Leica dan logo Huawei tersemat di bagian belakang ponsel ini.

Sisi kanan dijumpai tombol power serta tombol volume naik dan turun. Sementara sisi kiri ditemui slot kartu sim saja. Slot MicroSD harus absen dari ponsel ini.

Jack audio 3,5mm, port USB Type-C, speaker dan lubang mic hadir di bagian bawah ponsel ini. Bagian atas ponsel hanya ada lubang mic saja.

Kamera

Urusan foto dan video, P30 disematkan 3 kamera utama beresolusi 40MP, 16MP dan 8MP. Lensa Utama beresolusi 40 MP dengan aperture f / 1.8.

Lensa sekundernya didukung sensor ultrawide ditingkatkan 16 MP dengan aperture f / 2.2. Sementara lensa hitam menggunakan sensor telephoto tinggi 8 MP dengan aperture f / 2.4.

Kamera utama Huawei P30 Didukung teknologi AI. Mode AI ini dapat mengubah objek foto, Kondisi foto dan lainnya.

Mode AI dapat Anda aktifkan di menu kamera utama saja. Mode ini bisa digunakan untuk kamera selfie.

Tampilan kamera Huawei P30 cukup simpel. Foto mode tersaji, potret, pro, mode malam, lensa AR, HDR, lebar, super makro dan lainnya.

Mode foto memiliki kemampuan optical zoom 5x dan digital zoom hingga 30x. Ketika kami mencoba mode optical zoom hingga 5x zoom, foto yang dihasilkan tidak pecah dan minim noise. Mencoba, saat mencoba zoom digital hingga 30x, foto yang dihasilkan pecah dan banyak noise.

Saat kami menggunakan kamera utama P30, foto yang dihasilkan cukup tajam dan detail dengan komposisi warna yang pas. Hasil foto ini kami memperoleh mode pengaktifan AI pada kamera utama.

Ketika tidak menggunakan mode AI, foto yang dihasilkan jauh lebih terang dan komposisi warna kurang sesuai. Dalam kondisi cahaya cukup, baik indoor maupun outdoor foto yang dihasilkan lebih tajam dan tidak ada noise. Sebab mode AI mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan sekitar.

Dalam kondisi gelap dan malam hari, hasil fotonya juga cukup baik. Anda juga dapat mencoba mode malam untuk mendapatkan kualitas foto yang lebih baik.

Mode malam ini menghasilkan komposisi warna dan detail yang lebih baik dibandingkan mode foto biasa. Anda juga bisa menggunakan LED Flash saat foto di malam hari.

Efek bokeh yang dihasilkan mode potret juga cukup alami. Tersedia beragam AR enmoji, stiker dan filter menarik untuk memperindah hasil foto.

Kamera selfienya beresolusi 32 MP dengan aperture f / 2.0. Kamera selfie ini dapat mengoptimalkan wajah dengan akurat.

Saat selfie baik dalam kondisi cahaya cukup baik minim cahaya, hasil cukup memuaskan. Anda juga bisa menggunakan LED Flash kompilasi selfie di malam hari. Mode beuaty dapat memperhalus wajah Anda, namun hasilnya tetap alami.

Untuk video yang disertakan mode video, lambat-lambat dan selang waktu.

Layar dan UI

Huawei P30 dibekali OLED layar 6,1 inci beresolusi FHD + (2340x1080p). Aspek rasionya 19.5: 9 dan layar bodi untuk rasionya mencapai 85.8%.

Saat kami mencoba bermain game dan menonton video, tampilan visual yang disajikan layar ini cukup tajam dan detail. Desain notch sedikit permainan kompilasi bermain. Anda tidak dapat mengatur pengaturan menu di notch.

Tampilan layar Huawei P30 cukup simpel. Tampilan antarmukaukanya menggunakan EMUI 9.1.0.

Di bagian atas tampilan layar notifikasi baki notifikasi pesan masuk dan menu. Baki pemberitahuan menyajikan Bluetooth, Wi-Fi, senter, suara, putar otomatis, berbagi Huawei, mode pesawat, data seluler, GPS, tangkapan layar, perekam layar, proyeksi nirkabel, hostspot dan NFC. Baki notifikasi juga dapat diterbitkan.

Software dan fitur

Ponsel ini berjalan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie. Tidak banyak aplikasi dari Huawei yang disematkan dalam ponsel ini. Aplikasi yang disediakan oleh AppGallery dan Health.

AppGalerry ini mirip PlayStore yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi. Sesuai namanya, aplikasi kesehatan dapat mengukur kesehatan Anda seperti menghitung langkah, kalori dan lainnya.

Aplikasi bawaan Google juga hadir di ponsel ini seperti Google, Gmail, Gmaps, YouTube, Drive dan lainnya. Perekam layar yang mampu menangkap video juga hadir di smartphone ini.

Soal keamanan, ponsel ini didukung sidik jari dan face unlock. Huawei P30 dibenamkan sensor sidik jari di layar yang menjadi keunggulan ponsel ini.

Kemampuan sidik jari dan penguncian wajah mampu membuka ponsel dengan cepat di bawah 1 detik. Sensor wajah dapat dibuka untuk pengguna ponsel yang menggunakan aksesoris seperti kacamata, topi dan lainnya di dalam keadaan hitam.

Perangkat keras dan kinerja

Chipset Dapur pacunya disokong Kirin 980 dengan prosesor Octa-core dan GPU Mali-G76 MP10. Untuk mendukung performanya, mendukung teknologi GPU Turbo 3.0.

Penyimpanannya disokong RAM 4GB dan ROM 128GB. Karena memori internalnya cukup besar, tidak disediakan slot MicroSD di ponsel ini.

Untuk mengunjungi performanya, kami menggunakan aplikasi benchmark dan bermain game. Aplikasi benchmark yang kami gunakan adalah AnTuTu, 3D Mark, PC Mark, dan Geekbench.

Huawei P30 berhasil semua tes benchmark dengan mudah dan tidak ada yang berarti. Di AnTuTu, Huawei P30 meraih skor 291579 dan memperoleh peringkat ke 16. Huawei P30 mendapatkan skor 7693 dalam tes work 2.0 kinerja di PC Mark.

Tes 3D Mark, Huawei P30 meraih skor 35863. Sementara tes geekbench, ponsel ini menorehkan skor 3270 untuk single-core dan 9696 untuk multi-core.

Kami mencoba bermain game menggunakan game PUBG, Bleach Mobile 3D, dan One Piece Bounty Rush. Untuk game PUBG, Huawei P30 mampu menyelesaikan HDR dan frame rate ultra.

Kami bermain game PUBG dengan menyelesaikan ini atau rata kanan. Saat kami bermain grafis yang disuguhkan Huawei P30 terasa sangat halus pada settingan tersebut.

Hasilnya, game PUBG sanggup dilibas habis oleh Huawei P30. Begitupun dengan dua game lainnya mampu berjalan dengan lancar di Huawei P30.

Kami juga melakukan uji audio dengan menonton video dan menonton musik. Suara yang dihasilkan cukup jernih dan bulat.

Daya tahan

Dayanya, Huawei P30 disokong baterai berkapasitas 3650mAh dengan dukungan teknologi pengisian cepat 22.5W. Ponsel ini terisi penuh di bawah 20% dalam waktu satu setengah jam. Saat kondisinya di atas 20%, dibahas proses isi dayanya lebih cepat.

Saat digunakan untuk bermain game, ponsel ini mampu bertahan hingga 6 hingga 7 jam. Saat digunakan untuk menonton video, Huawei P30 mampu bertahan hingga 10 hingga 12 jam.

Untuk penggunaan standar seperti browsing internet, email, jejaring sosial dan lainnya, gawai ini bisa bertahan hingga 24 jam penuh. Dalam keadaan siaga, bertahan selama dua hari atau 48 jam.

Konektivitas

Hasil Uji Kecepatan Huawei P30
Hasil Uji Kecepatan Huawei P30

Konektivitasnya, Huawei P30 dilengkapi Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11 a / b / g / n / ac, port USB Type-C serta jaringan 2G / 3G / 4G. Disertakan pula sensor sidik jari di bawah tampilan, accelerometer, gyro, proximity, kompas, spektrum warna dan NFC. Sensor NFC ini sangat berguna untuk melakukan transaksi pembayaran.

Gawai ini hanya memiliki dua buah slot Kartu Sim. Sayangnya tidak disematkan slot MicroSD di ponsel ini.

Kami menerima jaringan Huawei P30 menggunakan aplikasi Tes Kecepatan melalui bantuan operator Indosat. Kecepatan unduh yang dihaslikan mencapai 39,5 Mbps dan kecepatan unggah 23,7 Mbps. Kestabilan dan kecepatan jaringan juga tergantung operator yang digunakan, tergantung cuaca dan lainnya.

Kesimpulan

Dengan harga Rp 9.999 juta, Huawei memiliki keunggulan dari segi kinerja, kamera, daya tahan dan lainnya. Kamera Huawei P30 memiliki kemampuan yang setara dengan kamera profesional. Performa Huawei P30 juga maksimal dengan jumlah tes yang dilewati.

Visualisasi di layar juga cukup detail dan tajam. Daya tahan baterainya cukup awet. Koneksi jaringan cukup stabil tergantung penyedia dan cuaca.

Dari segi desain, gradasi warna membuat kesan elegan Huawei P30. Namun, bahan polycarbonat tidak mencerminkan Huawei P30 seperti ponsel premium. Huawei P30 cocok untuk Anda yang suka fotografi ponsel, selfie dan bermain game.


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar