Sabtu, 13 April 2019

Biaya Keamanan Zuckerberg Tembus Rp 282 Miliar - Detikcom




Jakarta

- Butuh biaya besar untuk melindungi bos

Facebook Mark Zuckerberg

, yang angkanya mencapai USD 20 juta atau sekitar Rp 282,3 miliar selama 2018 lalu.

Zuck, sama seperti bos-bos teknologi lain seperti Larry Page-nya Google, hanya menerima gaji sebesar USD 1 setiap tahunnya. Namun kompensasi untuk Zuck setiap tahunnya mencapai USD 22,6 juta.

Mayoritas dari biaya kompensasi itu dihabiskan untuk biaya keamanan Zuck dan keluarganya saat bepergian. Jumlah biaya keamanan tersebut meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding pada 2017, saat ia hanya mendapat kompensasi sebesar USD 9,1 juta.

Menurut laporan ke SEC, Facebook menghabiskan setidaknya USD 2,6 juta untuk biaya pesawat pribadi, yang meningkat dari USD 1,5 juta pada tahun sebelumnya. Biaya pesawat pribadi ini dibayarkan untuk perusahaan carter pesawat, dan termasuk di dalamnya adalah biaya penumpang, bahan bakar, kru, dan katering.

Tak cuma Zuck yang anggaran keamanannya sangat wah. COO Facebook Sheryl Sandberg pun biaya keamanannya terbilang tinggi, mencapai USD 2,9 juta, dan USD 900 ribu untuk pesawat pribadi, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Sabtu (13/4/2019).

Peningkatan biaya keamanan besar-besaran ini terjadi setelah berbagai kekisruhan yang terjadi di Facebook. Utamanya soal bermacam masalah keamanan di layanan Facebook, pencurian data, interferensi di pemilu, dan kegagalan mereka menanggapi masalah konten berbahaya di platform mereka.

Sebelumnya juga diberitakan kalau rumah Zuck di kawasan Bay Area, California, AS senantisa dikelilingi petugas keamanan bersenjata. Ada pula panic room yang bisa diakses dalam keadaan darurat.

Saat bepergian, Zuck selalu diantar oleh supir dengan tim sekuritinya senantiasa mengawasi lalu lintas. Perubahan rute perjalanannya pun sewaktu-waktu bisa dilakukan jika ada potensi ancaman.

Di kantor, anggota sekuriti Zuck akan duduk paling depan dengan personil keamanan lain disebar di sekitar ruangan. Mereka menggunakan pakaian biasa agar terlihat membaur dengan pegawai Facebook lainnya.

Biaya Keamanan Zuckerberg Tembus Rp 282 Miliar
(asj/vim)









Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar