Senin, 15 April 2019

Gangguan pada Facebook dan WA Ulah Pemerintah? Ini Kata Kominfo - Tempo.co

TEMPO.CO , Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan, server berubah menjadi aplikasi layanan pesan instan Facebook , WhatsApp dan Instagram, tidak dapat diakses pada Minggu petang, 14 April 2019.

"Jadi Benar Kemarin, WhatsApp, Facebook, Dan Instagram turun di beberapa Wilayah di Dunia, termasuk Indonesia,” ujar Kepala Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, di Jakarta, Senin.

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: WhatsApp, Facebook, Instagram Down

Pernyataan yang dikeluarkan Ferdinandus karena telah muncul tudingan yang dimaksud pada medsos itu adalah ulah pemerintah.

Dalam bentuk pesan berantai yang ditemukan di WhatsApp seusai layanan kembali normal, layanan ganti disebut sebagai cara pemerintah untuk melacak jejak masyarakat di media sosial.

Namun, Menteri Kominfo Rudiantara membantah rumor tersebut. " Enggak ," katanya sembari menggelengkan kepala.

Facebook, menurut Ferdinandus, telah mengajukan laporan perubahan server mereka kepada Kominfo menyetujui jumlah pengguna yang terus meningkat.

Bukan hanya aplikasi WhatsApp , media sosial Facebook dan Instagram juga lebih baik 40 jam, mulai pukul 18.00 WIB.

Gangguan tidak hanya di Indonesia. Untuk pengguna dari Amerika Serikat, Bahrain, Inggris, Prancis, Thailand, hingga Oseania juga dapat mengganti aplikasi Whatsapp, Instagram, dan Facebook, termasuk Facebook Messenger.

The Verge, Minggu (14/4) melaporkan gangguan layanan Whatsapp, Instagram, dan Facebook merupakan gangguan kedua dalam jangka waktu satu bulan.


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar